Cara menggunakan Cx one Programmer lengkap

Cara menggunakan software Cx one Programmer 
  Yang perlu Anda ketahui mengenai software Cx one Programmer ini adalah mengetahui PLC secara materi atau secara fisiknya. Untuk menguasai Cx one programmer Anda harus menguasai dasar dasar PLC terlebih dahulu. Software ini sama fungsinya dengan penggunaan konsul PLC , bedanya di software cx one ini lebih mudah di gunakan.


 Mungkin bagi Anda yang sulit bermain komputer atau laptop penggunaan software cx one ini agak sedikit sulit. Namun jika di pelajari dengan sungguh-sungguh akan menghasilkan program apa saja dari software cx one ini. Yang paling penting dalam software cx one ini adalah Anda harus mengetahui instruksi-instruksi dasar PLC.
Cx one programmer
 
    Cx one adalah sebuah software simulasi plc yang digunakan untuk memprogram beberapa instalasi. Software cx one ini gratis , tapi ada serial number untuk mengaktifkan Cx one agar full version. Untuk yang belum punya softwarenya Anda bisa download software cx one full versi. Cx one yang saya gunakan adalah CX-Programmer versi 9.1 . Pakai versi yang lama juga bisa. Tapi di sini saya akan kasih tutorial menggunakan cx one programmer versi 9.1.

Cara Menggunakan Software Cx one programmer 

  Sebelum melakukan program , Anda harus menginstal cx one terlebih dahulu. Software ini sangat cocok untuk komputer baik 32 bit maupun 64 bit. Simak cara instal Cx one dengan benar di bawa ini.

1. Proses instalasi cx one programmer

  1. Download Cx one programmer full Version
  2. Setelah di download buka dan klik setup.exe yang ada di dalam folder.
  3. Setelah itu pilih bahasa inggris agar lebih mudah.
  4. Jika di suruh masukan serial number , biasanya ada di dalam folder cx one tersebut. Tapi jika tidak ada masukkan serial berikut ini 1600 – 0102 – 1248 - 5301
  5. Instal seperti biasa. sampai proses instalasi berhasil.
Setelah proses instalasi software cx one ini berhasil , langkah selanjutnya adalah pengenalan software dan cara penggunaan cx one programmer.


2. Pengenalan Software Cx one Programmer

     Sebagai tahap awal, kita harus paham isi dari software cx one tersebut. Di dalamnya Anda akan melihat beberapa menu-menu perintah, seperti :

  • Menu File yang di dalamnya terdapat : new , open , exit.
    Tidak usah di jelaskan lebih mendalam mengenai perintah yang ada di dalam menu File.
  • Menu View : toolbars , status bar , information windows , output
  • Menu PLC : Auto online 
  • Menu Tools : PLC backup tool , network configuration tool , swithc box utility , C500/C120/Cxx support , change input mode , keyboard mapping , options
  • menu Help : untuk memberikan bantuan kepada Anda yang kesusahan menjalankan software cx one programmer.

 3. Cara Menggunakan Cx one Programmer


       Tahap berikutnya adalah cara penggunaan cx one programmer. Tahap ini adalah salah satu tahap yang paling penting. 

#Membuka software Cx one programmer
   Klik Start kemudian pilih All programs , pilih OMRON , kemudian pilih Cx-one , setelah itu pilih Cx-programmer dan klik.
#Membuat Program Dasar 
   Tahap ini kita akan membuat contoh program PLC OMRON menggunakan software cx one programmer. Setelah software cx one di buka , langkah selanjutnya membuat dokumen baru dengan menggunakan perintah New (CTRL + N) Anda bisa membuat dokumen baru sesuai selera Anda. Di tutorial ini saya menggunakan CJ1M.


tutorial cx one programmer


Setelah kalian menentukan jenis PLC , langkah selanjutnya adalah kita akan membuat program dasar terlebih dahulu.
Anda bisa menggunakan perintah-perintah yang sudah di tentukan di dalam software cx one tersebut. Misalnya : Tombol huruf yang ada di keyboard bisa kita manfaatkan untuk membuat program. Seperti tombol C untuk membuat kontak NO , tombol  / untuk perintah kontak NC , tombol W untuk membuat perintah OR , tombol O untuk output, tombol I untuk instruksi PLC seperti Timer  dan lain sebagainya.

   Sekarang kita buat programnya . :
1. pilih kontak NO , kemudian isi alamat nya , seperti 00 / 0000 kemudian di bagian edit comment isi terserah Anda.

tutorial cx one

2. Pilih kontak NC , kemudian isi alamntnya 01 , di bagian edit comment isi terserah Anda. bisa di isi dengan Off atau stop.

tutorial Cx one programmer

3. Pilih kontak Output , kemudian isi alamat 1000 ,di bagian edit komen isi K1 atau terserah Anda.
Tutorial cx one programmer

4. Pilih kontak OR , kemudian isi alamat sesuai dengan alamat output tadi , di bagian edit comment akan sama dengan kontak output tadi.
tutorial cx one programmer

5. Setelah program dasar plc sudah jadi , selanjutnya untuk mengecek apakah ada kesalahan atau tidak. Jika ada warna merah berarti masih salah , tapi jika ada warna hijau atau tidak ada warna merah itu berarti tandanya sudah benar. Klik menu Simulation kemudian pilih Work online simulator  
  Setelah itu klik di bagian NO atau kita anggap sebagai push button ON, tekan tombol kombinasi CTRL + J untuk menjalankan , sedangkan CTRL+K untuk menghentikan. 
tutorial cx one


Jika tandanya hijau menyala berarti program berjalan dengan lancar. Saya sarankan untuk membuat program gunakan keyboard anda sebagai perintah singkat. Anda tidak usah menggeser perintah ke editor, cukup dengan menggunakan perintah tombol di keyboard komputer Anda. 
Itu contoh program PLC OMRON menggunakan software Cx one Programmer. Nantikan tutorial-tutorial cx one yang tidak kalah penting. Nanti saya akan membagikan contoh program PLC start delta , dan sebagainya .sekian tutorial menggunakan software Cx one programmer , semoga bermanfaat bagi Anda.
  

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Cara menggunakan Cx one Programmer lengkap"

  1. lengkap banget nih tutorialnya . tinggal coba dirumah :D semoga aja berhasil seperti yang di tutorial

    BalasHapus
    Balasan
    1. tutorial cx one programmer ini hanya untuk dasarnya. nantikan tutorial lainnya

      Hapus
  2. punya link buat download cx program 9.1 gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk link software cx one programmer belum ada, saya hanya kasih tutorialnya, coba Anda cari di google

      Hapus